Minggu, 23 Juni 2019

Rencana Pembelajaran Semester (2019)


RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode Jurusan
Issue/Revisi
:
Tanggal Berlaku
:
Untuk Tahun Akademik
:
Masa Berlaku
:
Jml Halaman
:


Mata Kuliah
: Statistik dan Probabilitas
Kode MK
:
Program Studi
: Teknik Informatika
Penyusun
:
Sks
: 3
Kelompok Mata Kuliah
:

1.   Deskripsi Singkat
Mata kuliah Statistik dan Probabilitas diadakan dengan harapan mahasiswa dapat memahami dan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip Statistik dan Probabilitas secara menyeluruh dan benar. Materi dibagi menjadi tiga bagian besar yaitu :
§  konsep dan area ilmu Statistik dan Probabilitas : perilaku dan dinamika hitungan statistik dengan SPSS dan Analisa Statistik, pengetahuan analisa dan area ilmu Statistik dan Probabilitas, konsep sistem hitung dan pengelolaan integrasi
§  kelayakan hitungan statistik dengan SPSS dan keputusan analisa : studi kelayakan dan aspek hitung, aspek teknis, aspek angka, aspek sosial, aspek ekonomi, hitungan statistik dengan SPSS, analisa hasil kerja SPSS dan dampak hitungan statistik dengan SPSS
§  perencanaan, sarana prasarana dan peserta : perencanaan strategis dan operasional hitungan statistik dengan SPSS, perencanaan waktu dan kecepatan hitungan kerja, metode dan teknik perencanaan penyusunan jadwal dan sumber daya

2.   Unsur Capaian Pembelajaran
§  Mampu menangkap dan memahami konsep dan ruang lingkup pada ilmu Statistik dan Probabilitas
§  Mampu memahami dan melakukan analisa kelayakan hitungan statistik dengan SPSS dan keputusan analisa
§  Mampu menganalisa perencanaan strategis dan operasional hitungan statistik dengan SPSS, sarana prasarana dan peserta
3.   Komponen Penilaian
Proses penilaian pada mata kuliah ini dibedakan dalam 4 komponen, diantaranya adalah sebagai berikut :
a.      Kehadiran
Komponen ini memiliki poin sebesar 10% dari total pertemuan tatap muka di kelas (14). Kehadiran merupakan salah satu komponen penunjang dalam melakukan proses penilaian karena setiap pertemuan akan membahas berbagai macam model persoalan yang akan didiskusikan bersama. Setiap persoalan yang dilontarkan menuntut adanya peran aktif mahasiswa untuk dapat mengemukakan pendapat mereka dengan baik. Keaktifan mahasiswa akan dijadikan nilai tambah secara objektif untuk penilaian akhir.
b.     Tugas
Selama 1 semester, mahasiswa akan diberikan 4 tugas yang terdiri dari 2 tugas mandiri dan 2 tugas kelompok. Tugas ini diberikan sebanyak 2x sebelum UTS dan 2x setelah UTS. Komponen keseluruhan tugas memiliki poin sebesar 30%.
c.      UTS (Ujian Tengah Semester)
UTS dilakukan pada pertemuan ke 8 dari keseluruhan total pertemuan melalui ujian tertulis, praktek atau mini project yang akan dipresentasikan. Materi yang diujikan adalah materi pertemuan 1 sampai dengan 7, dengan bobot yang diberikan sebesar 30%.
d.     UAS (Ujian Akhir Semester)
UAS dilakukan pada pertemuan ke 16 dari keseluruhan total pertemuan melalui ujian tertulis, praktek atau mini project yang akan dipresentasikan. Materi yang diujikan adalah materi setelah UTS yaitu materi pada pertemuan 9 sampai dengan 15, dengan bobot yang diberikan sebesar 30%.
e.     Paparan Pribadi dan Kelompok
Nilai paparan pribadi dan kelompok merupakan hak prerogatif dosen dengan tujuan memupuk keberanian dan bekerjasama secara mandiri maupun berkelompok, agar mereka berani tampil dan mampu berdebat dengan rekan kuliah, termasuk debat dengan dosen. Nilai Paparan Pribadi dan Kelompok ini menjadi penentu tingginya nilai mahasiswa, antara 30% sampai dengan 50%.

Catatan :
-        Tidak berlaku ujian susulan baik UTS maupun UAS kecuali kepada mahasiswa yang diberikan izin khusus seperti sakit (disertai dengan surat dokter dan surat dari orang tua/wali), atau terlibat dalam kegiatan akademik di luar kampus (disertai dengan surat izin yang ditanda tangani oleh KAPRODI)
-        Tidak berlaku perbaikan nilai Tugas, UTS maupun UAS kecuali diikuti oleh seluruh peserta mata kuliah

4.   Kriteria Penilaian
Penilaian dilakukan berdasarkan semua komponen nilai yang ada. Nilai akhir yang diperoleh mahasiswa merupakan rata-rata dari perolehan tiap komponen dengan melibatkan bobot masing-masing. Nilai akhir merupakan gambaran kemampuan dan kualitas mahasiswa terhadap ilmu yang sudah diperoleh selama 1 semester. Nilai akhir akan dikonversi ke dalam bentuk angka dan huruf dengan rincian sebagai berikut :

E
Merupakan perolehan mahasiswa yang tidak mengikuti tugas, UTS, UAS dan kehadiran < 50
D
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dan mengerjakan tugas seadanya, tidak memiliki kemauan dan tanggung jawab untuk memahami materi.
C-
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan seadanya, tidak fokus dalam memahami materi  sehingga hanya mampu menyeleseaikan sebagian dari masalah / tugas itupun dengan akurasi yang buruk.
C
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan cukup baik, berusaha memahami materi namun kurang persisten sehingga baru mampu menyeleseaikan sebagian dari masalah / tugas  dengan akurasi yang kurang.
C+
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, berusaha memahami materi namun baru mampu menyelesaikan sebagian masalah / tugas dengan akurasi cukup.
B-
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi cukup.
B
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi bagus.
B+
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi bagus.
A-
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan sangat baik, memahami materi dengan sangat baik, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi sangat baik.
A
Merupakan perolehan mahasiswa superior, yaitu mereka yang mengikuti perkuliahan dengan sangat baik, memahami materi dengan sangat baik bahkan tertantang untuk memahami lebih jauh, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah dengan akurasi sempurna bahkan mampu mengenali masalah nyata pada masyarakat / industri dan mampu mengusulkan konsep solusinya.

5.   Daftar Referensi
Agus Tri Basuki dan Imamudin Yuliadi, Elektronik Data Prosesing, Penerbit Danisa Media, Yogyakarta 2014

6.   Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
Minggu
Kemampuan Akhir yang Diharapkan
Bahan Kajian
(Materi Ajar)
Bentuk Pembelajaran
Kriteria/Indikator Penilaian
Bobot Nilai
Standar Kompetensi Pengetahuan analisa
 1
§  memahami sistem hitung perkuliahan, sistem hitung penilaian, dan tata tertib kuliah
§  mengetahui maksud dan tujuan Statistik dan Probabilitas
RPS
Kontrak kuliah
Pendahuluan
Ceramah dan Tanya jawab
mahasiswa mencatat semua informasi secara ringkas pada penampilan mahasiswa saat paparan
 2.9
Kompetensi umum
 2
Memahami ruang lingkup dari Statistik dan Probabilitas
Ruang lingkup Statistik dan Probabilitas
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi umum
3
Memahami maksud dan tujuan Statistik dan Probabilitas dalam kontek TI
Statistik dan Probabilitas dalam kontek TI
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi umum
4
Memahami maksud dan tujuan dari perencanaan hitungan statistik dengan SPSS
Perencanaan hitungan statistik dengan SPSS
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi umum
5
Memahami maksud dan tujuan dari project integration penggunaan SPSS
project integration penggunaan SPSS
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi umum
6
Memahami maksud dan tujuan dari project time penyelesaian statistik
project time penyelesaian statistik
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi umum
7
Memahami maksud dan tujuan dari project cost analisa statistik
project cost analisa statistik
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi umum
8
Mampu memahami dg lebih baik materi-materi dari minggu ke-1 s.d. ke-7.
UTS
Ujian tertulis untuk materi pertemuan 1 s/d 7
Mahasiswa mampu menyelesaikan soal dengan baik
30

9
Mampu mengimplementasikan manajemen waktu dan proses pengelolaan statistik dalam studi kasus
implementasi manajemen waktu dan proses pengelolaan statistik dalam stusi kasus
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi khusus
10
Memahami maksud dan tujuan dari projectquality pengoperasian SPSS
project pengoperasian SPSS
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi umum
11


Memahami maksud dan tujuan dari project analisa statistik
project analisa statistik
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi umum
12


Memahami maksud dan tujuan dari project pengoperasian SPSS
project pengoperasian SPSS
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi umum
13
Memahami maksud dan tujuan dari project penghitungan statistik
project penghitungan statistik
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi umum
14
Memahami maksud dan tujuan dari project pemahaman statistik
project pemahaman statistik
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi umum
15
Mampu menerapkan konsep Statistik dan Probabilitas melalui proposal hitungan statistik dengan SPSS
studi kasus
Diskusi kelompok dan presentasi
Mahasiswa mampu menyelesaikan setiap pertanyaan secara berdiskusi
2.9
Kompetensi khusus
16
Mampu memahami dg lebih baik materi-materi dari minggu ke-9 s.d. ke-15.
UAS
Ujian tertulis untuk materi 9 s/d 15
Mhs mampu menjawab dengan meyakinkan soal atau pertanyaan-pertanyaan dari dosen.
30



7.    Deskripsi Tugas

Mata Kuliah
: Statistik dan Probabilitas
Kode MK
:
Minggu ke
: 4 dan 7
Tugas ke
: 1 dan 2
Tujuan Tugas:
-        memahami konsep dasar serta tujuan dilakukannya Statistik dan Probabilitas
-        memahami maksud dan tujuan dari integrasi, manajemen waktu dan proses pengelolaan statistik dalam konsep Statistik dan Probabilitas
Uraian Tugas:
§  Obyek
-        minggu ke 4 : merancang sebuah rencana hitungan statistik dengan SPSS dalam ruang lingkup TI
-        minggu ke 7 : mengimplementasikan konsep manajemen integrasi, manajemen waktu dan proses pengelolaan statistik pada rencana hitungan statistik dengan SPSS yang akan dijalankan
§  Yang Harus Dikerjakan dan Batasan-Batasan
Semua arahan tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah

§  Metode/Cara Kerja/Acuan yang Digunakan
Metode yang digunakan untuk menyelesaikan setiap permasalahan adalah berdasarkan arahan yang diberikan oleh dosen disetiap pertemuan. Disamping itu, mahasiswa diperbolehkan untuk mengeksplor lebih jauh melalui internet mengenai cara penyelesaian lewat beberapa contoh studi kasus.

§  Dekripsi Luaran Tugas yang Dihasilkan
Setiap tugas akan dibahas pada minggu berikutnya di kelas. Hasil tugas dikirimkan ke alamat email dosen dan dicatat pada penampilan mahasiswa saat paparan sebagai bahan pembelajaran lebih lanjut.
Kriteria Penilaian:
-        kemampuan dalam memahami maksud tugas
-        proses penyelesaian dari setiap masalah dengan baik dan benar
-        pengumpulan hasil tugas tepat waktu

Mata Kuliah

: Statistik dan Probabilitas

Kode MK

:
Minggu ke
: 10 dan 14
Tugas ke
: 3 dan 4

Tujuan Tugas:
Memahami proses penyusunan proposal hitungan statistik dengan SPSS
Uraian Tugas:
§  Obyek
-        minggu ke 10 : menyusun tugas pribadi dan kelompok dari rencana hitungan statistik dengan SPSS
-        minggu ke 14 : menyusun proposal hitungan statistik dengan SPSS
§  Yang Harus Dikerjakan dan Batasan-Batasan
Semua arahan tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah

§  Metode/Cara Kerja/Acuan yang Digunakan
Metode yang digunakan untuk menyelesaikan setiap permasalahan adalah berdasarkan arahan yang diberikan oleh dosen disetiap pertemuan. Disamping itu, mahasiswa diperbolehkan untuk mengeksplor lebih jauh melalui internet mengenai cara penyelesaian lewat beberapa contoh studi kasus.

§  Dekripsi Luaran Tugas yang Dihasilkan
Setiap tugas akan dibahas pada minggu berikutnya di kelas. Hasil tugas dikirimkan ke alamat email dosen dan dicatat pada penampilan mahasiswa saat paparan sebagai bahan pembelajaran lebih lanjut.
Kriteria Penilaian:
-        kemampuan dalam menyusun proposal hitungan statistik dengan SPSS yang baik dan benar
-        pengumpulan hasil tugas tepat waktu

8.    Rubrik Penilaian
Jenjang/Grade
Angka/Skor
Deskripsi/Indikator Kerja
E
<40
Merupakan perolehan mahasiswa yang tidak melaksanakan tugas dan sama sekali tidak memahami materi.
D
40-49,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dan mengerjakan tugas seadanya, tidak memiliki kemauan dan tanggung jawab untuk memahami materi.
C-
50-54,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan seadanya, tidak fokus dalam memahami materi sehingga hanya mampu menyeleseaikan sebagian dari masalah / tugas itupun dengan akurasi yang buruk.
C
55-59,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan cukup baik, berusaha memahami materi namun kurang persisten sehingga baru mampu menyeleseaikan sebagian dari masalah / tugas  dengan akurasi yang kurang.
C+
60-64,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, berusaha memahami materi namun baru mampu menyeleseaikan sebagian masalah / tugas dengan akurasi cukup.
B-
65-69,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi cukup.
B
70-74,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi bagus.
B+
75-79,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi bagus.
A-
80-89,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan sangat baik, memahami materi dengan sangat baik, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi sangat baik.
A
90-100
Merupakan perolehan mahasiswa superior, yaitu mereka yang mengikuti perkuliahan dengan sangat baik, memahami materi dengan sangat baik bahkan tertantang untuk memahami lebih jauh, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah dengan akurasi sempurna bahkan mampu mengenali masalah nyata pada masyarakat / industri dan mampu mengusulkan konsep solusinya.

9.     PENUTUP
Rencana Pembelajaran Semester (RPS) ini berlaku mulai tanggal 01 Maret 2019, untuk mahasiswa UPJ Tahun Akademik 2019 / 2020  dan seterusnya. RPS ini dievaluasi secara berkala setiap semester dan akan dilakukan perbaikan jika dalam penerapannya masih diperlukan penyempurnaan.

10. STATUS DOKUMEN
Proses
Penanggung Jawab
Tanggal
Nama
Tandatangan
1.     Perumusan
Yxxxx Zcccc
Dosen Penyusun/Pengampu


2.     Pemeriksaan & Persetujuan
Xcvcfd
Ketua Prodi


3.     Penetapan
Kmdnn Lksjs
Wakil Dekan 1



Jakarta, 1 Maret 2019

Dosen Statistik
Perwira Bantuan Muda (Pabanda)
Paban VI/Mintel Sintel TNI,


Dr. Siswantoro, S.Sos., M.M.
PNS IV/A Pembina NIP.197005051991031001




0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda