Minggu, 04 Maret 2012

32-ARTI ANDROID


Info Teknologi

Siswantoro, S.Sos, M.M. April 11, 2011
Logo AndroidHandphone Android semakin populer di dunia dan menjadi saingan serius bagi para vendor handphone yang sudah ada sebelumnya seperti Nokia, Blackberry dan iPhone. Tapi bila anda menanyakan ke orang Indonesia kebanyakan “Apa itu Android ?” Kebanyakan orang tidak akan tahu apa itu Android, dan meskipun ada yang tahu pasti hanya untuk orang tertentu yang geek / update dalam teknologi. Ini disebabkan karena masyarakat Indonesia hanya mengenal 3 merek handphone yaitu Blackberry, Nokia, dan merek lainnya :)
Ada beberapa hal yang membuat Android sulit (belum) diterima oleh pasar Indonesia, antara lain:
  • Kebanyakan handphone Android menggunakan input touchscreen yang kurang populer di Indonesia,
  • Android membutuhkan koneksi internet yang sangat cepat untuk memaksimalkan kegunaannya padahal Internet dari Operator selular Indonesia kurang dapat diandalkan,
  • Dan yang terakhir anggapan bahwa Android sulit untuk dioperasikan / dipakai bila dibandingkan dengan handphone lain macam Nokia atau Blackberry.





Apa itu Android
Android adalah sistem operasi yang digunakan di smartphone dan juga tablet PC. Fungsinya sama seperti sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple dan BlackBerry OS.
Android tidak terikat ke satu merek Handphone saja, beberapa vendor terkenal yang sudah memakai Android antara lain Samsung , Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain.
Android pertama kali dikembangkan oleh perusahaan bernama Android Inc., dan pada tahun 2005 di akuisisi oleh raksasa Internet Google. Android dibuat dengan basis kernel Linux yang telah dimodifikasi, dan untuk setiap release-nya diberi kode nama berdasarkan nama hidangan makanan.
Keunggulan utama Android adalah gratis dan open source, yang membuat smartphone Android dijual lebih murah dibandingkan dengan Blackberry atau iPhone meski fitur (hardware) yang ditawarkan Android lebih baik.
Beberapa fitur utama dari Android antara lain WiFi hotspot, Multi-touch, Multitasking, GPS, accelerometers, support java, mendukung banyak jaringan (GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE & WiMAX) serta juga kemampuan dasar handphone pada umumnya.

Versi Android yang beredar saat ini
Eclair (2.0 / 2.1)
Versi Android awal yang mulai dipakai oleh banyak smartphone, fitur utama Eclair yaitu perubahan total struktur dan tampilan user interface dan merupakan versi Android yang pertama kali mendukung format HTML5.
Handphone Android Eclair 2.1


Froyo (2.2)
Android 2.2 dirilis dengan 20 fitur baru, antara lain peningkatan kecepatan, fitur Wi-Fi hotspot tethering dan dukungan terhadap Adobe Flash.
Gingerbread (2.3)
Perubahan utama di versi 2.3 ini termasuk update UI, peningkatan fitur soft keyboard & copy/paste, power management, dan support Near Field Communication.
Ice Cream Sandwich (2.4 atau 4.0)
Diumumkan secara resmi pada 10 Mei 2011 di ajang Google I/O Developer Conference (San Francisco), pihak Google mengklaim “Android Ice Cream Sandwich” akan dapat digunakan baik di smartphone ataupun tablet.
Honeycomb (3.0, 3.1 dan 3.2)
Merupakan versi Android yang ditujukan untuk gadget / device dengan layar besar seperti Tablet PC; Fitur baru Honeycomb yaitu dukungan terhadap prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration. Tablet pertama yang memakai Honeycomb adalah tablet Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011.
Android Honeycomb - Xoom
Google memutuskan untuk menutup sementara akses ke source code Honeycomb, hal ini dilakukan untuk mencegah perusahaan pembuat handphone menginstall Honeycomb pada smartphone. Karena pada versi Android sebelumnya banyak perusahaan yang menggunakan Android ke dalam tablet PC yang menyebabkan pengalaman buruk penggunanya dan mengesankan citra Android tidak bagus.

Market Share Android
Pada tahun 2012 sekitar 630 juta smartphone akan terjual diseluruh dunia, dimana diperkirakan sebanyak 49,2% diantaranya akan menggunakan OS Android. Data yang dimiliki Google saat ini mencatat bahwa 500.000 Handphone Android diaktifkan setiap harinya di seluruh dunia dan nilainya akan terus meningkat 4,4% /minggu.

Platform
API Level
Distribution
Android 3.x (Honeycomb)
11
0,9%
Android 2.3.x (Gingerbread)
9-10
18,6%
Android 2.2 (Froyo)
8
59,4%
Android 2.1 (Eclair)
5-7
17,5%
Android 1.6 (Donut)
4
2,2%
Android 1.5 (Cupcake)
3
1,4%
Data distribusi versi Android yang beredar di dunia sampai Juni 2011

Applikasi Android
Android memiliki basis developer yang besar untuk pengembangan applikasi, yang membuat fungsi Android menjadi lebih luas dan beragam. Android Market merupakan tempat applikasi Android didownload baik gratis ataupun berbayar yang dikelola oleh Google.
Applikasi Android di smartphone
Meskipun tidak direkomendasikan, kinerja dan fitur Android dapat lebih ditingkatkan dengan melakukan Root Android. Fitur seperti Wireless Tethering, Wired Tethering, uninstall crapware, overclock prosessor, dan install custom flash ROM dapat digunakan pada Android yang sudah diroot. Untuk pengoperasian Android sama saja dan tidak berbeda jauh dengan handphone biasa, kemungkinan user hanya akan kesulitan membiasakan diri dengan input touchscreen.







TANYA JAWAB :

touchscreen itu maksudnya adalah layar sentuh, jadi ngak pakai tombol keypad untuk menavigasikan handphone.Cukup sentuh layar untuk menelepon,sms, dan browsing. (memakai virtual keyboard/keypad)

Semua fitur yang non Iriana tanyakan tidak ada di Android. :)
Meski di Android bisa cek email dan buka FB, tapi fitur push email maupun push notification untuk FB seperti di Blackberry tidak ada. Sementara untuk pengganti BBM di Android biasanya memakai WhatsApp messenger.
(koreksi: push mail bisa bila akun mail anda gmail, hotmail, atau kantor anda memakai microsoft exchange server)

WhatsApp messenger ialah program chat cross-platform (seperti Blackberry Messenger) yang dapat menghubungkan pengguna Blackberry, Nokia (symbian), iPhone, dan Android. Jika di BBM menggunakan PIN, maka di WhatsApp menggunakan nomor hape sebagai pengenal. Memiliki fitur notifikasi pesan (terkirim dan sudah terbaca) mirip di BBM, dapat mengirim file video atau suara.

Kekurangan WhatsApp :
- karena menggunakan koneksi internet biasa (gprs,3g) seringkali pesan akan tertunda untuk handphone Android dan Nokia (untuk Blackberry dan Iphone sudah menggunakan push notification)
- bandwith pemakaian internet cukup boros dan konsumsi baterai cukup besar karena harus selalu aktif terhubung ke internet (Untuk Android dan Nokia)

Anda sebagian benar, pushmail memang ada tapi hanya untuk gmail, hotmail dan Microsoft exchange, sementara untuk yahoo serta akun POP tidak bisa. Untuk push notif FB di Android, tentu email di FB anda juga harus gmail.

Handphone Android yang diupgrade dari versi lama 1.6 Donut ke versi diatasnya 2.1 Eclair

Handphone disesuaikan dengan kebutuhan saja, dipakai untuk apa dan budget.
Galaxy Ace juga bagus dan harganya tidak terlalu mahal, tapi kalo mau liat tipe android yang bagus bisa liat di 10 Handphone Android Terbaik

Kalo nga salah Galaxy Ace aslinya tuh pake Froyo, tapi udah ada update dari samsung supaya jadi Gingerbread. Tidak semua HP Android bisa diupdate ke versi Android paling baru, biasanya tergantung apakah vendor tersebut mau merilisnya atau tidak.

Handphone Nokia tidak ada yang memakai OS Android :)


Ada beberapa pilihan applikasi untuk menjalankan / membuka file office di OS Android, dan semuanya tersedia di Android Market seperti DocumentToGo, QuickOffice, dll

Android memiliki platform applikasi sendiri, sehingga game / applikasi harus dikembangkan dan hanya bisa digunakan di OS Android itu sendiri. Sedangkan untuk Winamp sudah ada aplikasinya untuk Android, dan untuk file multimedia hampir semuanya dapat dimainkan di Android.

Coba koneksi ke hotspot (wifi) yang lain, apakah sama saja atau tidak.
Kalau sama saja kemungkinan ada masalah dalam hardware wifi galaxy kamu.

Kalau tablet PC yang anda maksud adalah tablet berbasis Android seperti Galaxy Tab, maka jawabannya bisa selama anda membeli yang tipe GSM/3G.

Hehehe, di kuliah mana ada jurusan Android :)
Tapi kebetulan saya lulusan Bina Nusantara Jakarta.

Sebenarnya sudah dijelaskan di artikel karena dapat membatalkan garansi, terinfeksi malware, ataupun handphone menjadi tidak stabil / malah rusak.
Lebih tepatnya, Root Android tidak direkomendasikan bagi orang yang kurang berpengalaman ataupun kurang cukup informasi untuk troubleshooting masalah yang mungkin ditemui setelah rooting.

Jawaban singkatnya, tidak bisa karena keduanya memiliki arsitektur yang berbeda.
Arsitektur dalam komputer memiliki peran dalam hal pemrograman applikasi, instruksi hardware, register hardware, pengalamatan memory, dll; sehingga Sistem operasi yang dibuat khusus untuk arsitektur tertentu akan tidak kompatibel dengan arsitektur yang lain.
Dalam hal ini semua PC memakai Arsitektur x86 yang lebih berkinerja tinggi, sedangkan (hampir) semua Android memakai arsitektur ARM yang hemat daya listrik. Untuk informasi, bahkan windows memiliki arsitektur lain bernama Itanium (IA-64) yang harus dijalankan dengan Prosessor yang berbeda dengan PC.

Update Android Gingerbread untuk Samsung Galaxy mini sudah bocor (Leaked) di internet, namun masih dalam tahap beta. Tapi sebaiknya anda menunggu sampai Samsung mengeluarkannya secara official.

Seharusnya tidak karena firmware gingerbread yg beredar tetap buatan Samsung dan untuk mengupdatenya pun tidak memerlukan Android anda dirooting, tapi karena masih beta kemungkinan masih banyak bug.

Sony ericson xperia 10 mini, handphone android yang umurnya cukup lama.
Aslinya masih menggunakan Android 1.6 Donut (max Upgrade jadi 2.1 Eclair)

Tidak ada virus di Android dan bilapun ada yang mengklaim menjual / memproduksi anti virus untuk Android itu hanya kebohongan saja. (note : virus memang tidak ada, tapi ada program yang memang didesain untuk mencuri data anda serta melakukan hal-hal buruk lainnya., dan ini disebut malware)

Semua baterai baru akan memiliki gejala yang sama, ini disebabkan ion-ion lithium didalamnya perlu waktu untuk dapat berfungsi secara maksimal. Baterai handphone akan ke performa optimal setelah 3-4 hari pemakaian, dan setelah itu Galaxy Ace anda akan dapat hidup sekitar 1 hari. (pemakaian normal)

Untuk melihat CCTV biasanya harus menginstall program 3rd party, dan saya belum pernah mencobanya. Untuk push email lebih bagus Blackberry daripada Android.

Kalau tidak salah untuk bisa mengedit file office musti menggunakan quickoffice yang versi pro dan harus bayar. Alternatif lain untuk mengedit file Office di Android mungkin anda bisa coba download OliveOfficePremium dari Android Market. (Free)

Biasanya peringatan tersebut muncul bila anda menginstall applikasi yang bukan dari Android Market (file instalasi .apk). Tapi karena anda mengatakan peringatan tersebut muncul saat membuka Android Market, jadi coba solusi berikut:
Masuk ke menu Setting > Applications lalu tandai kotak Unknown Sources (allow install of of non market applications)

Rooting nya sendiri tidak membuat handphone rusak. Tapi lebih kepada proses customize pada hp setelah root berhasil; seperti install custom rom, applikasi tidak resmi yg dapat membuat Android tidak berfungsi bila dilakukan dengan tidak hati-hati.(masuk malware, hang, dll). firmware (rom) = Operating system yang membuat handphone berfungsi dan dalam konteks Android contoh firmware adalah: cupcake, eclair, froyo, gingerbread,dll.

Update yg resmi dari SE seharusnya tidak ada masalah. Download aja dulu updatenya, biasanya disediakan di website SE.

Bila handphone ingin yang anda beli adalah Android bisa pertimbangkan Galaxy Mini atau Gio untuk range harga segitu. Nokia China maksudnya handphone yang casingnya mirip sekali dengan Nokia tapi bukan asli buatan Nokia? Kalau itu yang anda maksud lebih baik diganti saja. Ini artikel mengenai bahaya hp imitasi, Handphone China menyetrum mati seorang pemuda di India

ya memang benar ada fungsi push mail, tapi hanya terbatas untuk akun Google saja. Sedangkan untuk email lain sistemnya bukan push mail melainkan pull mail dan ini sudah saya bahas di komentar saya sebelumnya http://www.infoteknologi.com/selular/apa-itu-android/#comment-1021

Setiap upgrade biasanya akan menambah fitur baru dan juga perbaikan dari bug yang ada di versi sebelumnya. Untuk gingerbread sendiri update akan merubah tampilan visual, perbaikan keamanan, kemampuan copy-paste yang lebih baik, dll.
Untuk Galaxy Ace buatan Korea seharusnya sama saja dengan Vietnam. Kualitas biasanya tidak akan berbeda jauh karena Quality controlnya akan sama saja terlepas handphone anda dibuat di negara manapun.

Mungkin maksud non anna push notification tanpa perlu menjalankan applikasi tersebut. Twitter di Android sudah bisa push notification, sementara untuk FB setau saya emailnya harus memakai gmail bila ingin bisa push notification. Kalo harus pilih mana tergantung pemakaiannya dan selera non, dan pertimbangkan juga harga bulanan yg harus dibayar untuk langganan internet anda.

Intinya adalah Android membutuhkan koneksi internet (gprs), dan koneksi gprs bisa didapatkan dengan memotong langsung pulsa anda atau anda bisa memilih berlangganan paket bulanan (unlimited) supaya lebih murah.



Tidak semua HP Android bisa diupgrade ke Gingerbread, dan bilapun bisa diupgrade biasanya upgrade akan menambah fitur baru (tergantung merk hp android) dan memperbaiki kekurangan ataupun bug di versi sebelumnya. Efek samping upgrade juga bermacam-macam tergantung jenis handphonenya, biasanya baterai bisa lebih boros, muncul bug baru dan lain-lain.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda