Minggu, 04 Maret 2012

3-SILABUS MATARAM SILEUNGI


SILABUS
PROGRAM KEGIATAN SATUAN PENGGALANG
TA.2011-2012
MATA PELAJARAN          : PRAMUKA
KELAS / PROGRAM          : 4 S.D. 6
SEMESTER                          : 1 DAN 2
STANDAR KOMPETENSI            : LATIHAN TEORI DAN PRAKTEK
KOMPETENSI DASAR     : MENGENAL TEORI DAN PRAKTEK MENGIRIM BERITA
ALOKASI WAKTU                        : 2 JAM (70 MENIT)
CATATAN                            : BELAJAR TEORI DAN PRAKTEK PRAMUKA PENGGALANG LEBIH DIUTAMAKAN

MINGGU
MATERI PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
POKOK-POKOK PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU

APRIL 2011




I
Kompas
Melatih penghitungan dan pengukuran arah yang dituju.
Cara praktek Kompas
Mampu membaca medan dan mengukur arah yang akan dituju secara beregu.
70 MENIT
II
P 3 K
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
Cara mempelajari P3K
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang mendapat musibah.
70 MENIT
III
Panorama
Melatih penglihatan dan pengukuran medan/situasi.
Cara mempelajari Panorama
Mampu membaca peta medan di atas kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan dituju.
70 MENIT
IV
Menaksir
Melatih insting pengukuran.
Cara mengetahui Menaksir
Mampu membaca dan mengukur ketinggian medan/situasi.
70 MENIT
V
Peta-Pita
Melatih ketelitian dalam membaca medan/situasi.
Cara praktek Peta-Pita
Mampu membuat dan memindahkan medan ke dalam secarik kertas menjadi sebuah peta.
70 MENIT

MEI 2011




I
Tanda Jejak
Melatih ketelitian dan membuat gambar medan/situasi.
Cara praktek Tanda Jejak
Mampu menterjemahkan tanda-tanda alam dan buatan sehingga mudah dikenali.
70 MENIT
II
Kesenian
Melatih ketrampilan tubuh.
Cara mempelajari Kesenian
Mampu menciptakan kreativitas secara mandiri atau beregu.
70 MENIT
III
Hasta Karya
Melatih ketrampilan tangan dan inspirasi/daya cipta.
Cara praktek Hasta Karya
Mampu mengembangkan kreativitas secara mandiri atau beregu.
70 MENIT
IV
Tandu-Tali Temali
Mengetahui pembuatan Tandu-Tali Temali.
Cara praktek Tandu-Tali Temali
Mampu membuat ketrampilan sumber daya manusia.
70 MENIT

JUNI 2011




I
PBB
Melatih fisik dan mental.
Cara praktek PBB
Memahami disiplin, jiwa korsa dan menciptakan hierarkhi.
70 MENIT
II
Morshe (Pluit + Sinar)
Melatih penglihatan dan pendengaran.
Cara mengirim Morse
Mampu mengirim berita rahasia secara sendiri atau kelompok.
70 MENIT
III
Tiang Bendera
Melatih ketrampilan tangan dan kreativitas.
Cara  praktek Tiang Bendera
Mandiri dalam setiap pekerjaan kepramukaan.
70 MENIT
IV
Semaphore
Melatih daya tangkap mata dan ingatan.
Cara mempelajari Semapore
Mampu mengirim berita rahasia secara mandiri dan cepat.
70 MENIT

JULI 2011




I
LIBUR KELAS
LIBUR KELAS
LIBUR KELAS
LIBUR KELAS

II
LIBUR KELAS
LIBUR KELAS
LIBUR KELAS
LIBUR KELAS

III
P 3 K
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
Cara praktek P3K
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang mendapat musibah.
70 MENIT
IV
Panorama
Melatih penglihatan dan pengukuran medan/situasi.
Cara mengetahui Panorama
Mampu membaca peta medan di atas kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan dituju.
70 MENIT
V
Menaksir
Melatih insting pengukuran.
Cara mengetahui Menaksir
Mampu membaca dan mengukur ketinggian medan/situasi.
70 MENIT

AGUSTUS 2011




I
PUASA
PUASA
PUASA
PUASA

II
PUASA
PUASA
PUASA
PUASA

III
PUASA
PUASA
PUASA
PUASA

IV
PUASA
PUASA
PUASA
PUASA


SEPTEMBER 2011




I
LIBUR
LIBUR
LIBUR
LIBUR

II
LIBUR
LIBUR
LIBUR
LIBUR

III
Morshe (Pluit + Sinar)
Melatih penglihatan dan pendengaran.
Cara mengirim Morse
Mampu mengirim berita rahasia secara sendiri atau kelompok.
70 MENIT
IV
Tiang Bendera
Melatih ketrampilan tangan dan kreativitas.
Cara  praktek Tiang Bendera
Mandiri dalam setiap pekerjaan kepramukaan.
70 MENIT

OKTOBER 2011




I
Semaphore
Melatih daya tangkap mata dan ingatan.
Cara mempelajari Semapore
Mampu mengirim berita rahasia secara mandiri dan cepat.
70 MENIT
II
P 3 K
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
Cara praktek P3K
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang mendapat musibah.
70 MENIT
III
Panorama
Melatih penglihatan dan pengukuran medan/situasi.
Cara mengetahui Panorama
Mampu membaca peta medan di atas kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan dituju.
70 MENIT
IV
Menaksir
Melatih insting pengukuran.
Cara mengetahui Menaksir
Mampu membaca dan mengukur ketinggian medan/situasi.
70 MENIT
V
Pengetahuan Pramuka + Umum
Memahami struktur organisasi dan daya serap ilmu pengetahuan.
Cara mempelajari PP+PU
Mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.
70 MENIT

NOV 2010




I
KIM
Melatih daya ingat, penciuman, pendengaran dan rasa.
Cara mengingat KIM
Mengetahui dan merasakan berbagai macam benda yang baru dikenal.
70 MENIT
II
Sandi-Sandi
Melatih daya ingat dan memecahkan berita rahasia.
Cara mempelajari Sandi
Mampu mengirim dan membuat berita rahasia secara sendiri dan beregu.
70 MENIT
III
Kompas
Melatih penghitungan dan pengukuran arah yang dituju.
Cara praktek Kompas
Mampu membaca medan dan mengukur arah yang akan dituju secara beregu.
70 MENIT
IV
P 3 K
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
Cara mempelajari P3K
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang mendapat musibah.
70 MENIT

DESEMBER 2010




I
Panorama
Melatih penglihatan dan pengukuran medan/situasi.
Cara mempelajari Panorama
Mampu membaca peta medan di atas kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan dituju.
70 MENIT
II
Menaksir
Melatih insting pengukuran.
Cara mengetahui Menaksir
Mampu membaca dan mengukur ketinggian medan/situasi.
70 MENIT
III
Peta-Pita
Melatih ketelitian dalam membaca medan/situasi.
Cara praktek Peta-Pita
Mampu membuat dan memindahkan medan ke dalam secarik kertas menjadi sebuah peta.
70 MENIT
IV
Tanda Jejak
Melatih ketelitian dan membuat gambar medan/situasi.
Cara praktek Tanda Jejak
Mampu menterjemahkan tanda-tanda alam dan buatan sehingga mudah dikenali.
70 MENIT
V
Kesenian
Melatih ketrampilan tubuh.
Cara mempelajari Kesenian
Mampu menciptakan kreativitas secara mandiri atau beregu.
70 MENIT

JANUARI 2012




I
TAHUN BARU
TAHUN BARU
TAHUN BARU
TAHUN BARU

II
Hasta Karya
Melatih ketrampilan tangan dan inspirasi/daya cipta.
Cara praktek Hasta Karya
Mampu mengembangkan kreativitas secara mandiri atau beregu.
70 MENIT
III
Tandu-Tali Temali
Mengetahui pembuatan Tandu-Tali Temali.
Cara praktek Tandu-Tali Temali
Mampu membuat ketrampilan sumber daya manusia.
70 MENIT
IV
PBB
Melatih fisik dan mental.
Cara praktek PBB
Memahami disiplin, jiwa korsa dan menciptakan hierarkhi.
70 MENIT
V
Morshe (Pluit + Sinar)
Melatih penglihatan dan pendengaran.
Cara mengirim Morse
Mampu mengirim berita rahasia secara sendiri atau kelompok.
70 MENIT

FEBRUARI 2012




I
Tiang Bendera
Melatih ketrampilan tangan dan kreativitas.
Cara  praktek Tiang Bendera
Mandiri dalam setiap pekerjaan kepramukaan.
70 MENIT
II
Semaphore
Melatih daya tangkap mata dan ingatan.
Cara mempelajari Semapore
Mampu mengirim berita rahasia secara mandiri dan cepat.
70 MENIT
III
P 3 K
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
Cara praktek P3K
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang mendapat musibah.
70 MENIT
IV
Panorama
Melatih penglihatan dan pengukuran medan/situasi.
Cara mengetahui Panorama
Mampu membaca peta medan di atas kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan dituju.
70 MENIT

MARET 2012




I
Menaksir
Melatih insting pengukuran.
Cara mengetahui Menaksir
Mampu membaca dan mengukur ketinggian medan/situasi.
70 MENIT
II
Pengetahuan Pramuka + Umum
Memahami struktur organisasi dan daya serap ilmu pengetahuan.
Cara mempelajari PP+PU
Mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.
70 MENIT
III
KIM
Melatih daya ingat, penciuman, pendengaran dan rasa.
Cara mengingat KIM
Mengetahui dan merasakan berbagai macam benda yang baru dikenal.
70 MENIT
IV
Sandi-Sandi
Melatih daya ingat dan memecahkan berita rahasia.
Cara mempelajari Sandi
Mampu mengirim dan membuat berita rahasia secara sendiri dan beregu.
70 MENIT













SILABUS
PROGRAM KEGIATAN SATUAN PENGGALANG
TA.2011-2012
MATA PELAJARAN          : PRAMUKA
KELAS / PROGRAM          : 4 S.D. 6
SEMESTER                          : 1 DAN 2
STANDAR KOMPETENSI            : LATIHAN TEORI DAN PRAKTEK
KOMPETENSI DASAR     : MENGENAL TEORI DAN PRAKTEK MENGIRIM BERITA
ALOKASI WAKTU                        : 2 JAM (70 MENIT)

MATA PELAJARAN
APRL
2011
MEI
2011
JUNI
2011
J U L I
2011
AGUST
2011
SEPT
2011
OKTOB
2011
NOPEM
2011
DESEM
2011
JAN
2012
FEBRU
2012
MARET
2012

1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1.    Hasta Karya

X3


PUASA
PUASA



X1


2.    Peng. Pramuka




PUASA
PUASA
X5




X2
3.    Semaphore


X4

PUASA
PUASA
X1



X2

4.    Sandi-Sandi




PUASA
PUASA

X2



X4
5.    Morshe


X2

L
L



X4


6.    Panorama
X3


X4
I
I
X3

X1

X4

7.    P 3 K
X2


X3
U
U
X2
X4


X3

8.    Kompas
X1



R
R

X3




9.    Menaksir
X4


X5


X4

X2


X1
10.  Peta Pita
X5



P
P


X3



11.  Tanda Jejak

X1


U
U


X4



12.  Kesenian

X2


A
A


X5



13.  K I M




S
S

X1



X3
14.  P B B


X1

A
A



X3


15.  TANDU-TALI TEMALI

X4


PUASA
PUASA



X2


16.  TIANG BENDERA

X4
X2

PUASA
PUASA






17.  PERSAMI/LIBURAN




PUASA
PUASA
KEMAH



X1

18.  Rafelling
XXXXX
XXXXX
XXXXX
XXXXX
PUASA
PUASA
XXXXX
XXXXX
XXXXX
XXXXX
XXXXX
XXXXX
19.  Peserta Lomba
XXXXX
XXXXX


PUASA
PUASA
XXXXX
XXXXX
XXXXX

XXXXX

20.  Praktek Materi
XXXXX
XXXXX
XXXXX
XXXXX
PUASA
PUASA
PUASA
XXXXX
XXXXX
XXXXX
XXXXX
XXXXX
21.  Penyelenggara Lomba




PUASA
PUASA


XXXXX



DISUSUN : KAK SISWANTORO, S.Sos, MM.


SILABUS
PROGRAM KEGIATAN SATUAN SIAGA
TA.2011-2012
MATA PELAJARAN          : PRAMUKA
KELAS / PROGRAM          : 1 S.D. 3
SEMESTER                          : 1 DAN 2
STANDAR KOMPETENSI            : LATIHAN TEORI DAN PRAKTEK
KOMPETENSI DASAR     : MENGENAL TEORI DAN PRAKTEK MENGIRIM BERITA
ALOKASI WAKTU                        : 2 JAM (70 MENIT)
CATATAN                            : BELAJAR DAN BERMAIN DI PRAMUKA SIAGA LEBIH DIUTAMAKAN

MINGGU
MATERI PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
POKOK-POKOK PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU

APRIL 2011




I
Hasta Karya
Melatih ketrampilan tangan dan inspirasi/daya cipta.
Cara praktek Hasta Karya
Mampu mengembangkan kreativitas secara mandiri atau Barung.
70 MENIT
II
Pengetahuan Pramuka + Umum
Memahami struktur organisasi dan daya serap ilmu pengetahuan.
Cara mempelajari PP+PU
Mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.
70 MENIT
III
Sandi-Sandi
Melatih daya ingat dan memecahkan berita rahasia.
Cara mempelajari Sandi
Mampu mengirim dan membuat berita rahasia secara sendiri dan Barung.
70 MENIT
IV
Morshe (Pluit + Sinar)
Melatih penglihatan dan pendengaran.
Cara mengirim Morse
Mampu mengirim berita rahasia secara sendiri atau kelompok.
70 MENIT
V
Panorama
Melatih penglihatan dan pengukuran medan/situasi.
Cara mengetahui Panorama
Mampu membaca peta medan di atas kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan dituju.
70 MENIT

MEI 2011




I
Tandu-Tali Temali
Mengetahui pembuatan Tandu-Tali Temali.
Cara praktek Tandu-Tali Temali
Mampu membuat ketrampilan sumber daya manusia.
70 MENIT
II
P 3 K
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
Cara praktek P3K
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang mendapat musibah.
70 MENIT
III
Menaksir
Melatih insting pengukuran.
Cara mengetahui Menaksir
Mampu membaca dan mengukur ketinggian medan/situasi.
70 MENIT
IV
Tanda Jejak
Melatih ketelitian dan membuat gambar medan/situasi.
Cara praktek Tanda Jejak
Mampu menterjemahkan tanda-tanda alam dan buatan sehingga mudah dikenali.
70 MENIT

JUNI 2011




I
Kesenian
Melatih ketrampilan tubuh.
Cara mempelajari Kesenian
Mampu menciptakan kreativitas secara mandiri atau beregu.
70 MENIT
II
KIM
Melatih daya ingat, penciuman, pendengaran dan rasa.
Cara mengingat KIM
Mengetahui dan merasakan berbagai macam benda yang baru dikenal.
70 MENIT
III
PBB
Melatih fisik dan mental.
Cara praktek PBB
Memahami disiplin, jiwa korsa dan menciptakan hierarkhi.
70 MENIT
IV
Hasta Karya
Melatih ketrampilan tangan dan inspirasi/daya cipta.
Cara praktek Hasta Karya
Mampu mengembangkan kreativitas secara mandiri atau Barung.
70 MENIT

JULI 2011




I
LIBUR KELAS
LIBUR KELAS
LIBUR KELAS
LIBUR KELAS

II
LIBUR KELAS
LIBUR KELAS
LIBUR KELAS
LIBUR KELAS

III
Hasta Karya
Melatih ketrampilan tangan dan inspirasi/daya cipta.
Cara praktek Hasta Karya
Mampu mengembangkan kreativitas secara mandiri atau Barung.
70 MENIT
IV
Pengetahuan Pramuka + Umum
Memahami struktur organisasi dan daya serap ilmu pengetahuan.
Cara mempelajari PP+PU
Mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.
70 MENIT
V
Sandi-Sandi
Melatih daya ingat dan memecahkan berita rahasia.
Cara mempelajari Sandi
Mampu mengirim dan membuat berita rahasia secara sendiri dan Barung.
70 MENIT

AGUSTUS 2011




I
PUASA
PUASA
PUASA
PUASA

II
PUASA
PUASA
PUASA
PUASA

III
PUASA
PUASA
PUASA
PUASA

IV
PUASA
PUASA
PUASA
PUASA


SEPTEMBER 2011




I
LIBUR
LIBUR
LIBUR
LIBUR

II
LIBUR
LIBUR
LIBUR
LIBUR

III
Tandu-Tali Temali
Mengetahui pembuatan Tandu-Tali Temali.
Cara praktek Tandu-Tali Temali
Mampu membuat ketrampilan sumber daya manusia.
70 MENIT
IV
P 3 K
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
Cara praktek P3K
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang mendapat musibah.
70 MENIT

OKTOBER 2011




I
Menaksir
Melatih insting pengukuran.
Cara mengetahui Menaksir
Mampu membaca dan mengukur ketinggian medan/situasi.
70 MENIT
II
Tanda Jejak
Melatih ketelitian dan membuat gambar medan/situasi.
Cara praktek Tanda Jejak
Mampu menterjemahkan tanda-tanda alam dan buatan sehingga mudah dikenali.
70 MENIT
III
Tandu-Tali Temali
Mengetahui pembuatan Tandu-Tali Temali.
Cara praktek Tandu-Tali Temali
Mampu membuat ketrampilan sumber daya manusia.
70 MENIT
IV
P 3 K
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
Cara praktek P3K
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang mendapat musibah.
70 MENIT
V
Menaksir
Melatih insting pengukuran.
Cara mengetahui Menaksir
Mampu membaca dan mengukur ketinggian medan/situasi.
70 MENIT

NOV 2010




I
Tanda Jejak
Melatih ketelitian dan membuat gambar medan/situasi.
Cara praktek Tanda Jejak
Mampu menterjemahkan tanda-tanda alam dan buatan sehingga mudah dikenali.
70 MENIT
II
Kesenian
Melatih ketrampilan tubuh.
Cara mempelajari Kesenian
Mampu menciptakan kreativitas secara mandiri atau Barung.
70 MENIT
III
KIM
Melatih daya ingat, penciuman, pendengaran dan rasa.
Cara mengingat KIM
Mengetahui dan merasakan berbagai macam benda yang baru dikenal.
70 MENIT
IV
PBB
Melatih fisik dan mental.
Cara praktek PBB
Memahami disiplin, jiwa korsa dan menciptakan hierarkhi.
70 MENIT

DESEMBER 2010




I
Hasta Karya
Melatih ketrampilan tangan dan inspirasi/daya cipta.
Cara praktek Hasta Karya
Mampu mengembangkan kreativitas secara mandiri atau Barung.
70 MENIT
II
Pengetahuan Pramuka + Umum
Memahami struktur organisasi dan daya serap ilmu pengetahuan.
Cara mempelajari PP+PU
Mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.
70 MENIT
III
Sandi-Sandi
Melatih daya ingat dan memecahkan berita rahasia.
Cara mempelajari Sandi
Mampu mengirim dan membuat berita rahasia secara sendiri dan Barung.
70 MENIT
IV
Morshe (Pluit + Sinar)
Melatih penglihatan dan pendengaran.
Cara mengirim Morse
Mampu mengirim berita rahasia secara sendiri atau kelompok.
70 MENIT
V
Panorama
Melatih penglihatan dan pengukuran medan/situasi.
Cara mengetahui Panorama
Mampu membaca peta medan di atas kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan dituju.
70 MENIT

JANUARI 2012




I
TAHUN BARU
TAHUN BARU
TAHUN BARU
TAHUN BARU

II
Tandu-Tali Temali
Mengetahui pembuatan Tandu-Tali Temali.
Cara praktek Tandu-Tali Temali
Mampu membuat ketrampilan sumber daya manusia.
70 MENIT
III
P 3 K
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
Cara praktek P3K
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang mendapat musibah.
70 MENIT
IV
Menaksir
Melatih insting pengukuran.
Cara mengetahui Menaksir
Mampu membaca dan mengukur ketinggian medan/situasi.
70 MENIT

FEBRUARI 2012




I
Tanda Jejak
Melatih ketelitian dan membuat gambar medan/situasi.
Cara praktek Tanda Jejak
Mampu menterjemahkan tanda-tanda alam dan buatan sehingga mudah dikenali.
70 MENIT
II
Kesenian
Melatih ketrampilan tubuh.
Cara mempelajari Kesenian
Mampu menciptakan kreativitas secara mandiri atau beregu.
70 MENIT
III
KIM
Melatih daya ingat, penciuman, pendengaran dan rasa.
Cara mengingat KIM
Mengetahui dan merasakan berbagai macam benda yang baru dikenal.
70 MENIT
IV
PBB
Melatih fisik dan mental.
Cara praktek PBB
Memahami disiplin, jiwa korsa dan menciptakan hierarkhi.
70 MENIT

MARET 2012




I
Morshe (Pluit + Sinar)
Melatih penglihatan dan pendengaran.
Cara mengirim Morse
Mampu mengirim berita rahasia secara sendiri atau kelompok.
70 MENIT
II
Panorama
Melatih penglihatan dan pengukuran medan/situasi.
Cara mengetahui Panorama
Mampu membaca peta medan di atas kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan dituju.
70 MENIT
III
Tandu-Tali Temali
Mengetahui pembuatan Tandu-Tali Temali.
Cara praktek Tandu-Tali Temali
Mampu membuat ketrampilan sumber daya manusia.
70 MENIT
IV
P 3 K
Mengetahui pengobatan dan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
Cara praktek P3K
Mampu memberikan pertolongan kepada rekan yang mendapat musibah.
70 MENIT
















SILABUS
PROGRAM KEGIATAN SATUAN SIAGA
TA.2011-2012
MATA PELAJARAN          : PRAMUKA
KELAS / PROGRAM          : 1 S.D. 3
SEMESTER                          : 1 DAN 2
STANDAR KOMPETENSI            : LATIHAN TEORI DAN PRAKTEK
KOMPETENSI DASAR     : MENGENAL TEORI DAN PRAKTEK MENGIRIM BERITA
ALOKASI WAKTU                        : 2 JAM (70 MENIT)


MATA PELAJARAN
APRL
2011
MEI
2011
JUNI
2011
J U L I
2011
AGUST
2011
SEPT
2011
OKTOB
2011
NOPEM
2011
DESEM
2011
JAN
2012
FEBRU
2012
MARET
2012

1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1.    Hasta Karya
X1

X4

PUASA
PUASA

X3


X2

2.    Peng. Pramuka
X2


X1
PUASA
PUASA

X4


X3

4.    Sandi-Sandi
X3


X2
PUASA
PUASA


X1

X4

5.    Morshe
X4


X3
L
L


X2


X1
6.    Panorama
X5


X4
I
I


X3


X2
7.    Tali Temali

X1

X5
B
B


X4


X3
8.    P 3 K

X2


U
U
X1

X5


X4
10.  Menaksir

X3




X2


X1


12.  Tanda Jejak

X4


U
U
X3


X2


13.  Kesenian


X1

A
A
X4


X3


14.  K I M


X2

S
S

X1

X4


15.  P B B


X3

A
A

X2


X1

DISUSUN : KAK SISWANTORO, S.Sos, MM.
CATATAN : BELAJAR DAN BERMAIN DI PRAMUKA SIAGA LEBIH DIUTAMAKAN








PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
SDN CIPINANG CEMPEDAK 02 PAGI
JL.  OTISTA III KEC. JATINEGARA – TELP. 8514774 – 8568777
 
_





SILABUS
EKSKUL PRAJA MUDA KARANA (PRAMUKA)
PENGGALANG DAN SIAGA



DISUSUN :
KAK SISWANTORO, S.Sos, M.M.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda